Contact Us
Webmail
Site Map
Rss Feed

UNMUL Masuk Peringkat Atas Pemeringkatan Skala Dunia

SCImago Rilis Peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia

Selasa, (20/04), SCImago Institutions Rankings (SIR) resmi merilis 60 ranking Perguruan Tinggi Indonesia tahun 2021. Pada rilis lembaga pemeringkatan skala global yang berkantor di Spanyol ini, Universitas Mulawarman (UNMUL) menempati peringkat 18 di Indonesia dengan Indikator penilaian meliputi Research, Innovation, dan Societal.

Memiliki skor 750 dalam website www.scimagoir.com itu juga diumumkan peringkat beberapa sektor diantaranya bidang Pemerintahan, Kesehatan dan Perusahaan. Berdasarkan capaian ini, UNMUL setara dengan beberapa Perguruan Tinggi dibeberapa negara yaitu Cardiff University, Inggris. Harvard-MIT Division of Health Sciences and Tecnology, Amerika. Serta diposisi yang sama dengan Kumamoto University, Jepang

Pun demikian dengan Perguruan Tinggi dalam negeri, Universitas berakreditasi A dengan Pola Ilmiah Pokok “Tropical Studies” itu berada diatas Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya, Universitas Udayana dan Universitas Negeri Medan serta beberapa Perguruan Tinggi Swasta besar.

SIR merupakan pengklasifikasi lembaga akademik yang terkait penelitian dengan menggabungkan tiga indikator, yaitu kinerja penelitian, inovasi, dan dampak sosial masyarakat, yang diukur dengan visibilitas website. Scimago berkolaborasi dengan Elsiever yang menerbitkan perangkingan jurnal-jurnal di dunia, yaitu SCImago Journal Ranking (SJR). 

"SCImago Institution rangking diurutkan berdasarkan subject, UNMUL berjaya di Subject Energy menempati posisi pertama dan Social Science pada peringkat tiga," ungkap Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerjasama dan Humas, Dr. Ir. Bohari Yusuf., M.Si.

Indikator SJR adalah ukuran pengaruh ilmiah dari jurnal ilmiah yang diukur melalui jumlah sitasi yang diterima oleh jurnal dan pentingnya atau prestise jurnal di mana sitasi tersebut berasal. Dikutip dari situs resmi SCImago, ranking jurnal dan negara SJR merupakan portal publik mencakup jurnal dan indikator ilmiah yang dikembangkan dari informasi yang terdapat dalam pangkalan data Scopus dari penerbit Elsevier

Copy Right @ Program Magister Kimia

Powered by ICT FKIP Unmul